Rabu, 29 Maret 2017

Puasa

Puasa
 Hasil gambar untuk puasa
Puasaadalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu[1]. Puasa mutlak biasanya didefinisikan sebagai berpantang dari semua makanan dan cairan untuk periode tertentu, biasanya selama satu hari (24 jam), atau beberapa hari. Puasa lain mungkin hanya membatasi sebagian, membatasi makanan tertentu atau zat. Praktik puasa dapat menghalangi aktivitas seksual dan lainnya serta makanan. Puasa, sering dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah, juga dilakukan di luar kewajiban ibadah untuk meningkatkan kualitas hidup spiritual seseorang yang melakukannya. Hal semacam ini sering ditemukan dalam diri pertapa atau rahib. Inti dari maksud dan tujuan puasa itu adalah pengekangan diri dari sebuah keinginan untuk mencapai sebuah tujuan. Oleh karenanya, puasa dapat didefinisikan sebagai usaha pengekangan diri dari sebuah keinginan yang dilarang untuk mencapai sebuah tujuan.
adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu[1]. Puasa mutlak biasanya didefinisikan sebagai berpantang dari semua makanan dan cairan untuk periode tertentu, biasanya selama satu hari (24 jam), atau beberapa hari. Puasa lain mungkin hanya membatasi sebagian, membatasi makanan tertentu atau zat. Praktik puasa dapat menghalangi aktivitas seksual dan lainnya serta makanan. Puasa, sering dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah, juga dilakukan di luar kewajiban ibadah untuk meningkatkan kualitas hidup spiritual seseorang yang melakukannya. Hal semacam ini sering ditemukan dalam diri pertapa atau rahib. Inti dari maksud dan tujuan puasa itu adalah pengekangan diri dari sebuah keinginan untuk mencapai sebuah tujuan. Oleh karenanya, puasa dapat didefinisikan sebagai usaha pengekangan diri dari sebuah keinginan yang dilarang untuk mencapai sebuah tujuan.

Puasa dan agama

Puasa sering dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah dalam suatu agama atau sesuatu kewajiban yang harus di lakukan Manusia menurut kepercayaan Agamanya. Berdasarkan beberapa sumber bacaan, ternyata ibadah puasa dijalankan oleh beberapa agama yang ada di dunia. Walaupun cara yang dilakukan berbeda, inti dari maksud dan tujuan puasa itu adalah pengekangan diri dari sebuah keinginan untuk mencapai sebuah tujuan.

Puasa dalam Yahudi

Dalam Yahudi Puasa untuk umat Yahudi bermakna menahankan diri keseluruhannya dari makanan dan minuman, termasuk air. Gosok gigi diharamkan pada puasa hari besar Yom Kippur dan Tisha B'Av, tetapi dibenarkan pada puasa hari kecil. Umat Yahudi yang mengamalkan berpuasa sampai ke enam hari pada satu tahun. Dengan pengecualian Yom Kippur, puasa tidak dibenarkan pada hari Sabat, karena rukun menyimpan hari Sabat itu adalah menurut Alkitab(injil) ditentukan dan mengatasi hari-ari puasa berinstitusi rabbi kemudian. Yom Kippur adalah satu-satunya rukun yang mana ditentukan dalam Torah.

Puasa dalam Kristen

Dalam Kristen Pada umumnya, Ajaran Puasa Umat Kristen Intinya adalah pertobatan, melawan keiginan duniawi, keiginan daging yang di maksud arti daging dalam arti kristen daging adalah manusia itu sendiri karna manusia berdaging maka umat kristen lebih sering menyebutkan manusia dalam kata-kata tertentu sebagai daging jadi artinya keinginan daging yaitu keinginan manusia itu sendiri, dan juga mengajarkan berpuasa agar sebisa mungkin tidak memberitahukan atau di ketahui kepada sesamanya yang sedang berpuasa atau sesamanya yang sedang tidak berpuasa termasuk merahasiakan hari apa dia akan mulai berpuasa, menyamarkan tubuhnya agar tidak terlihat sedang berpuasa dari orang lain bahkan sesama keyakinan sendiri, itu sebabnya Puasa Kristen pada Umumnya banyak yang tidak diketahui keberadaanya oleh keyakinan non Kristen dan media publik. Dalam beberapa aliran Kristen hanya pelaksanaan dan tata caranya saja yang berbeda inti dan tujuanya sama.

Puasa dalam Katolik

Dalam Katolik Roma, puasa biasanya dilakukan dengan makan kenyang satu kali sehari (dalam waktu 24 jam), wajib dilakukan pada hari Rabu Abu dan Jumat Agung; masing-masing uskup dapat mengatur rincian ketentuan atas hal tersebut disesuaikan dengan keadaan di keuskupannya. Minum air tidak termasuk soal puasa. Namun saat sekarang ini lebih ditekankan makan kenyang satu kali sehari menahan hal-hal dari keiginan dunia dan keinginan daging (manusia), seperti tidak makan tidak minum termasuk menahan nafsu, sikap, dan juga hal-hal yang paling disukai. Ini dilakukan selama 40 hari menjelang Paskah atau di kenal sebagai masa Prapaskah. Di samping puasa resmi, secara pribadi umat Katolik disarankan untuk berpuasa pada hari-hari lain yang dipilihnya sendiri sebagai ungkapan tobat dan laku tapa. Selain berpuasa, Gereja juga mempunyai kebiasaan berpantang. Pantang diharapkan untuk dilakukan setiap Jumat sepanjang tahun, kecuali jika hari Jumat itu bertepatan dengan hari raya gerejawi. Pada hari-hari puasa dan pantang, Umat Katolik diharapkan dapat meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian untuk berdoa, beribadat, melaksanakan olah tobat dan karya amal. (Kan. 1249-1253)[2]

Puasa dalam Protestan

Dalam Protestan, keyakinan puasa Kristen Protestan tidak ada bedanya dengan katolik melawan keinginan dunia keinginan daging(manusia) yaitu puasa makan minum dan hal-hal yang tidak baik dalam tingka laku juga pikiran, dalam perotestan dan aliran protestan yang lain ada juga Cara Puasa dalam hal-hal tertentu selain puasa makan dan minum yaitu berpuasa mengenai rutinitas yang sering dilakukan yg paling disukainya Contohnya: Puasa Tidak menonton Tv atau puasa mendegarkan lagu selama 1 minggu, 1 bulan atau dalam jangka waktu tertentu, ada juga contoh-contoh lain yaitu rutinitas dimana kalau sedang tidak berpuasa itu sulit di hindari Rutinitas seperti itulah yang di puasakan dalam Protestan, umat katolik juga biasa melakukan puasa ini, karna inti dalam puasa Kristen ialah menahan hawa nafsu, keinginan duniawi. Tujuan berpuasa juga sama dengan Katolik sesuai ajaran dalam alkitab (injil), yang membedakanya hanya pelaksanaan dan tatacarannya. Puasa protestan tidak berpatokan pada hari-hari tertentu harus berpuasa, tetapi dalam keyakinan Protestan Pribadi masing-masing yaitu manusia itu sendiri yang menentukan hari untuk berpuasa yang dipilihnya sendiri selama 1 minggu, 1 bulan dan jangka waktu tertentu yang dipilihnya di harapkan bisa lagi berlanjut di bulan-bulan berikutnya. Dalam melaksanakanya Pribadi yang berpuasa sebisa mungkin tidak di ketahui oleh kerabat, sanak soudara, dan orang-orang di sekitarnya di saat berpuasa, oleh sebab itu puasa Protestan tidak di umumkan secara resmi. Agama Kristen Protestan secara resmi tidak mewajibkan untuk berpuasa yang berarti tidak memiliki bulan khusus untuk berpuasa, tetapi Ketua masing- masing Gereja mengajarkan pada umatnya menyempatkan diri agar sesering mungkin Berdoa dan Berpuasalah dengan keinginan, ketulusannya sendiri bukan karena paksaan. Patokan berpuasa Umat Kristen Katolik dan Kristen Protestan sama-sama mengambil dasar dalam ajaran Alkitab.

Puasa dalam Islam

Dalam Islam, puasa (disebut juga Shaum) yang bersifat wajib dilakukan pada bulan Ramadhan selama satu bulan penuh dan ditutup dengan Hari Raya Lebaran.Menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat sesuai perintah dalam kitab suci umat islam Al Quran.puasa juga menolong menanam sikap yang baik dan kesemuanya itu diharapkan berlanjut ke bulan-bulan berikutnya dan tidak hanya pada bulan puasa. Jika didasarkan pada ritual puasa itu sendiri, maka jika kita hendak mengakhirinya atau berbuka, maka terasa bertolak belakang jika kita tidak berbuka sekedarnya saja.

Puasa dan kesehatan

Menurut penelitian, puasa menyehatkan tubuh.[3]
Makanan berkaitan erat dengan proses metabolisme. Oleh sebab itu, dalam pemeriksaan medis tertentu yang berhubungan dengan proses metabolisme, misalnya pemeriksaan kadar glukosa darah, pasien seringkali disyaratkan untuk berpuasa dahulu.
Puasa menggantikan sel-sel yang rusak di dalam tubuh dan menggantinya dengan sel-sel yang baru. Selain itu, puasa mampu meningkatkan kembali hormon pertumbuhan hingga 2000% pada laki-laki dan 1300% pada perempuan. Hormon pertumbuhan ini akan memfasilitasi pembakaran cadangan lemak dalam tubuh selama berpuasa. Peningkatan kembali hormon pertumbuhan dalam tubuh juga bermanfaat dalam melawan penuaan.dini.
Pada saat kita mulai melakukan puasa, faal tubuh kita mulai mengalami perubahan. Oleh karenanya, jika kita hendak mengakhirinya atau berbuka, maka jika kita tidak berbuka sekedarnya saja justru kesehatan kita akan terganggu. Ketika kita melakukan puasa, faal tubuh kita akan mulai mengalami perubahan secara perlahan. Oleh karenanya, jika kita hendak mengakhirinya atau berbuka, maka kita lakukan juga secara perlahan. Misalnya, pada satu menit pertama, kita berbuka dengan sepotong roti atau kue atau sepotong buah saja bahkan hanya dengan sebutir kurma saja.

Pembagian Puasa

Jika didasarkan pada beberapa definisi dari puasa, maka makna dasar dari puasa atau berpuasa adalah pengekangan. Maka atas dasar hal ini, saya membagi puasa menjadi dua; Pertama, Puasa dalam arti khusus. Kedua, Puasa dalam arti umum. Puasa dalam arti khusus adalah bentuk puasa seperti yang biasa kita ketahui, misalnya mulai tidak makan dan minum sejak fajar sampai terbenamnya matahari. Sedangkan Puasa dalam arti umum adalah segala bentuk pengekangan secara umum. Misalnya, kita ingin kaya tetapi tidak bisa kaya-kaya, maka kita mampu mengekang diri untuk tidak melakukan penipuan dalam rangka mencapai tingkat kekayaan tertentu yang telah menjadi target kita.

flowchart

Simbol flowchart 

Flowchart menggunakan bentuk khusus untuk mewakili berbagai jenis tindakan atau langkah-langkah dalam proses. Garis dan panah menunjukkan urutan langkah-langkah, dan hubungan di antara mereka. Ini dikenal sebagai simbol flowchart.
Jenis diagram menentukan simbol flowchart yang digunakan. Misalnya, diagram aliran data dapat mengandung Simbol Input / Output (juga dikenal sebagai I / O Symbol), tetapi Anda tidak akan mengharapkan untuk melihat di sebagian besar diagram alir proses.
Selama bertahun-tahun, sebagai teknologi telah berkembang, sehingga memiliki flowchart. Beberapa simbol flowchart yang digunakan di masa lalu untuk mewakili punchcards komputer, atau menekan tape, telah diturunkan ke tong sampah sejarah.
simbol flowchart dasar

Lebih Simbol Flowchart

Berikut adalah perpustakaan yang lebih komprehensif dari simbol-simbol flowchart.

Mulai / Akhir Symbol

Simbol terminator menandai titik awal atau akhir dari sistem. Biasanya berisi kata "Start" atau "End."
Mulai / Akhir Symbol

Tindakan atau proses Simbol

Sebuah kotak dapat mewakili satu langkah ( "tambahkan dua cangkir tepung"), atau dan seluruh sub-proses ( "membuat roti") dalam proses yang lebih besar.
simbol proses

dokumen Simbol

Sebuah dokumen dicetak atau laporan.
simbol dokumen

Beberapa Dokumen Simbol

Merupakan beberapa dokumen dalam proses.
beberapa Dokumen

Simbol keputusan

Sebuah keputusan atau bercabang titik. Garis mewakili keputusan yang berbeda muncul dari berbagai sudut berlian.
Simbol keputusan

Input / Output Symbol

Merupakan materi atau informasi yang masuk atau meninggalkan sistem, seperti pesanan pelanggan (input) atau produk (output).
Input / Output Symbol

Input Manual Symbol

Merupakan langkah di mana pengguna diminta untuk memasukkan informasi secara manual.
Simbol input manual

persiapan Simbol

Merupakan set-up untuk langkah lain dalam proses.
persiapan Simbol

Connector Simbol

Menunjukkan bahwa aliran terus di mana simbol yang cocok (mengandung huruf yang sama) telah ditempatkan.
persiapan Simbol

atau Simbol

Menunjukkan bahwa aliran proses berlanjut di lebih dari dua cabang.
atau simbol

Panggil Junction Symbol

Menunjukkan jalur di flowchart mana beberapa cabang berkumpul kembali ke proses tunggal.
Memanggil simbol persimpangan

Gabung Symbol

Menunjukkan langkah di mana dua atau lebih sub-daftar atau sub-proses menjadi satu.
Gabung Symbol

susun Symbol

Menunjukkan langkah yang memerintahkan informasi ke dalam format standar.
susun Symbol

Urutkan Symbol

Menunjukkan langkah yang menyelenggarakan daftar item dalam urutan atau set berdasarkan beberapa kriteria yang telah ditentukan.
Urutkan Symbol

Simbol subrutin

Menunjukkan urutan tindakan yang melakukan tugas tertentu tertanam dalam proses yang lebih besar. Ini urutan tindakan dapat dijelaskan secara lebih rinci pada flowchart terpisah.
Simbol subrutin

Pengguna loop Symbol

Menunjukkan urutan perintah yang akan terus ulangi sampai berhenti secara manual.
Pengguna loop Symbol

Lingkaran Batas Symbol

Menunjukkan titik di mana lingkaran harus berhenti.
Pengguna loop Symbol

delay Symbol

Menunjukkan keterlambatan dalam proses.
delay Symbol

Penyimpanan Data atau Data yang Disimpan Simbol

Menunjukkan langkah dimana data akan disimpan.
Data Storage Simbol

database Symbol

Menunjukkan daftar informasi dengan struktur standar yang memungkinkan untuk mencari dan memilah.
database Symbol

Penyimpanan Internal Symbol

Menunjukkan bahwa informasi disimpan dalam memori selama program, yang digunakan dalam diagram alur desain perangkat lunak.
Penyimpanan Internal Symbol

tampilan Symbol

Menunjukkan langkah yang menampilkan informasi.
tampilan Symbol

off Page

Menunjukkan bahwa proses berlanjut dari halaman.
Off Page Symbol

Tips Cepat untuk Menggunakan Simbol Flowchart

Sebagian besar simbol-simbol flowchart ditampilkan di sini adalah untuk digunakan dalam aplikasi yang sangat spesifik, seperti data flow diagram digunakan untuk pemrograman komputer. Kecuali Anda memiliki pengetahuan khusus dan diagram Anda sedang dikembangkan untuk kelompok sebaya dengan pengetahuan yang sama, yang terbaik untuk tetap simbol flowchart dasar. Jika lebih dari paling simbol diagram alur dasar muncul dalam diagram Anda, itu adalah praktik yang baik untuk menyertakan legenda atau simbol kunci.

Algoritma
Hasil gambar untuk algoritma

Diagram alur dari sebuah algoritma (Algoritma Euclid) untuk menghitung faktor persekutuan terbesar (f.p.k.) dari dua angka a dan b dalam lokasi bernama A dan B. Algoritma dijalankan dengan pengurangan berturut-turut dalam dua pengulangan: JIKA pengujian B >= A menghasilkan "ya" (atau benar) (lebih akuratnya angka b dalam lokasi B lebih besar atau sama dengan angka a dalam lokasi A) MAKA, algoritma menentukan B ← B - A (artinya angka b - a menggantikan b sebelumnya). Hal yang sama, JIKA A > B, MAKA A ← A - B. Proses tersebut berhenti saat (isi dari) B adalah 0, menghasilkan f.p.k. dalam A. (Algoritma tersebut diambil dari Scott 2009:13; simbol dan gaya penggambaran dari Tausworthe 1977).
Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.
Algoritma adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas [1] dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik [2] untuk menghitung sebuah fungsi.[3] Dimulai dari sebuah kondisi awal dan input awal (mungkin kosong),[4] instruksi-instruksi tersebut menjelaskan sebuah komputasi yang, bila dieksekusi, diproses lewat sejumlah urutan kondisi terbatas [5] yang terdefinisi dengan baik, yang pada akhirnya menghasilkan "keluaran" [6] dan berhenti di kondisi akhir. Transisi dari satu kondisi ke kondisi selanjutnya tidak harus deterministik; beberapa algoritma, dikenal dengan algoritma pengacakan, menggunakan masukan acak.[7]
Walaupun algorism-nya al-Khawarizmi dirujuk sebagai aturan-aturan melakukan aritmetika menggunakan bilangan Hindu-Arab dan solusi sistematis dan persamaan kuadrat, sebagian formalisasi yang nantinya menjadi algoritma modern dimulai dengan usaha untuk memecahkan permasalahan keputusan (Entscheidungsproblem) yang diajukan oleh David Hilbert pada tahun 1928. Formalisasi selanjutnya dilihat sebagai usaha untuk menentukan "penghitungan efektif" [8] atau "metode efektif"; [9] formalisasi tersebut mengikutkan Godel-Herbrand-Kleene fungsi rekursif-nya Kurt Godel - Jacques Herbrand - Stephen Cole Kleene pada tahun 1930, 1934, dan 1935, kalkulus lambda-nya Alonzo Church pada tahun 1936, "Formulasi 1"-nya Emil Post pada tahun 1936, dan Mesin Turing-nya Alan Turing pada tahun 1936-7 dan 1939. Dari definisi formal dari algoritma di atas, berkaitan dengan konsep intuituf, masih tetap ada masalah yang menantang. [10]

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi Ring
Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address dia.
topologi jaringan komputer
  • Kelebihan dari topologi jaringan komputer ring adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan jumlah kabel lan yang sedikit sehingga akan menghemat biaya.
  • Kekurangan paling fatal dari topologi ini adalah, jika salah satu komputer ataupun kabel nya bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu bahkan error.

2. Topologi Bus
Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti antrian dan  menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.
topologi jaringan komputer
  • Kelebihan dari bus hampir sama dengan ring, yaitu kabel yang digunakan tidak banyak dan menghemat biaya pemasangan.
  • Kekurangan topologi bus adalah jika terjadi gangguan atau masalah pada satu komputer bisa menggangu jaringan di komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan, sering terjadinya antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan repeater.
3. Topologi Star
Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan komputer inilah yang paling banyak digunakan sekarang karena kelebihannya lebih banyak.
topologi jaringan komputer
  • Kelebihan topologi ini adalah sangat mudah mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan, mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu yang lain, serta tingkat keamanan sebuah data lebih tinggi, .
  • Kekurangannya topologi jaringan komputer ini adalah, memerlukan biaya yang tinggi untuk pemasangan, karena membutuhkan kabel yang banyak serta switch/hub, dan kestabilan jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch/hub mengalami gangguan, maka seluruh jaringan akan terganggu.
4. Topologi Mesh
Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.
pengertian topologi jaringan komputer
  • Kelebihanya adalah proses pengiriman lebih cepat dan tanpa melalui komputer lain, jika salah satu komputer mengalami kerusakan tidak akan menggangu komputer lain.
  • Kekurangan dari topologi ini sudah jelas, akan memakan sangat banyak biaya karena membutuhkan jumlah kabel yang sangat banyak dan setiap komputer harus memiliki Port I/O yang banyak juga, selain itu proses instalasi sangat rumit.

 5. Topologi Tree
Topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.
macam jenis topologi jaringan komputer
  • Kelebihan topologi tree adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diperlukan.
  • Kekurangan nya yaitu menggunakan banyak kabel, sering terjadi tabrakan dan lambat, jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga.

PENGERTIAN & FUNGSI 7 OSI LAYER

PENGERTIAN & FUNGSI 7 OSI LAYER

Hasil gambar untuk ISO LAYER
OPEN SYSTEM INTERCONNECTION (OSI)
I. PENGERTIAN
Masalah utama dalam komunikasi antar komputer dari vendor yang berbeda adalah karena mereka mengunakan protocol dan format data yang berbeda-beda. Untuk mengatasi ini, International Organization for Standardization (ISO) membuat suatu arsitektur komunikasi yang dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI) model yang mendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda.
Model-OSI tersebut terbagi atas 7 layer, dan layer kedua juga memiliki sejumlah sub-layer (dibagi oleh Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE)). Perhatikan tabel berikut:
7th
– Layer : Application
Services
6th
– Layer : Presentation
Services
5th
– Layer : Session
Communications
4th
– Layer : Transport
Communications
3rd
– Layer : Network
Communications
2nd
– Layer : Data-link
Physical connections
1st
– Layer : Physical
Physical connections
Tabel MODEL OSI
Layer-layer tersebut disusun sedemikian sehingga perubahan pada satu layer tidak membutuhkan perubahan pada layer lain. Layer teratas (5, 6 and 7) adalah lebih cerdas dibandingkan dengan layer yang lebih rendah; Layer Application dapat menangani protocol dan format data yang sama yang digunakan oleh layer lain, dan seterusnya. Jadi terdapat perbedaan yang besar antara layer Physical dan layer Application.
II. FUNGSI LAYER
1. Layer Physical
Ini adalah layer yang paling sederhana; berkaitan dengan electrical (dan optical) koneksi antar peralatan. Data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat ditransmisi melalui media jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layer Physical. Peralatan seperti repeater, hub dan network card adalah berada pada layer ini.
2. Layer Data-link
Layer ini sedikit lebih “cerdas” dibandingkan dengan layer physical, karena menyediakan transfer data yang lebih nyata. Sebagai penghubung antara media network dan layer protocol yang lebih high-level, layer data link bertanggung-jawab pada paket akhir dari data binari yang berasal dari level yang lebih tinggi ke paket diskrit sebelum ke layer physical. Akan mengirimkan frame (blok dari data) melalui suatu network. Ethernet (802.2 & 802.3), Tokenbus (802.4) dan Tokenring (802.5) adalah protocol pada layer Data-link.
3. Layer Network
Tugas utama dari layer network adalah menyediakan fungsi routing sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network lokal ke suatu tujuan yang berada pada suatu network lain. IP, Internet Protocol, umumnya digunakan untuk tugas ini. Protocol lainnya seperti IPX, Internet Packet eXchange. Perusahaan Novell telah memprogram protokol menjadi beberapa, seperti SPX (Sequence Packet Exchange) & NCP (Netware Core Protocol). Protokol ini telah dimasukkan ke sistem operasi Netware. Beberapa fungsi yang mungkin dilakukan oleh Layer Network
  • Membagi aliran data biner ke paket diskrit dengan panjang tertentu
  • Mendeteksi Error
  • Memperbaiki error dengan mengirim ulang paket yang rusak
  • Mengendalikan aliran
4. Layer Transport
Layer transport data, menggunakan protocol seperti UDP, TCP dan/atau SPX (Sequence Packet eXchange, yang satu ini digunakan oleh NetWare, tetapi khusus untuk koneksi berorientasi IPX). Layer transport adalah pusat dari mode-OSI. Layer ini menyediakan transfer yang reliable dan transparan antara kedua titik akhir, layer ini juga menyediakan multiplexing, kendali aliran dan pemeriksaan error serta memperbaikinya.
5. Layer Session
Layer Session, sesuai dengan namanya, sering disalah artikan sebagai prosedur logon pada network dan berkaitan dengan keamanan. Layer ini menyediakan layanan ke dua layer diatasnya, Melakukan koordinasi komunikasi antara entiti layer yang diwakilinya. Beberapa protocol pada layer ini: NETBIOS: suatu session interface dan protocol, dikembangkan oleh IBM, yang menyediakan layanan ke layer presentation dan layer application. NETBEUI, (NETBIOS Extended User Interface), suatu pengembangan dari NETBIOS yang digunakan pada produk Microsoft networking, seperti Windows NT dan LAN Manager. ADSP (AppleTalk Data Stream Protocol). PAP (Printer Access Protocol), yang terdapat pada printer Postscript untuk akses pada jaringan AppleTalk.
6. Layer Presentation
Layer presentation dari model OSI melakukan hanya suatu fungsi tunggal: translasi dari berbagai tipe pada syntax sistem. Sebagai contoh, suatu koneksi antara PC dan mainframe membutuhkan konversi dari EBCDIC character-encoding format ke ASCII dan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Kompresi data (dan enkripsi yang mungkin) ditangani oleh layer ini.
7. Layer Application
Layer ini adalah yang paling “cerdas”, gateway berada pada layer ini. Gateway melakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router, tetapi ada perbedaan diantara mereka. Layer Application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya. Layer Application adalah layer dimana user akan beroperasi padanya, protocol seperti FTP, telnet, SMTP, HTTP, POP3 berada pada layer Application.
III. KOMPONEN JARINGAN DAN PROTOKOL LAYER
  1. Layer 1 – Physical
Network components:
  • Repeater
  • Multiplexer
  • Hubs(Passive and Active)
  • TDR
  • Oscilloscope
  • Amplifier
Protocols:
  • IEEE 802 (Ethernet standard)
  • IEEE 802.2 (Ethernet standard)
  • ISO 2110
  • ISDN
  1. Layer 2 – Datalink
Network components:
  • Bridge
  • Switch
  • ISDN Router
  • Intelligent Hub
  • NIC
  • Advanced Cable Tester
Protocols:
Media Access Control:
Communicates with the adapter card
Controls the type of media being used:
  • 802.3 CSMA/CD (Ethernet)
  • 802.4 Token Bus (ARCnet)
  • 802.5 Token Ring
  • 802.12 Demand Priority
Logical Link Control
  • error correction and flow control
  • manages link control and defines SAPs
802.2 Logical Link Control
3. Layer 3 (Network)
Network components:
  • Brouter
  • Router
  • Frame Relay Device
  • ATM Switch
  • Advanced Cable Tester
Protocols:
  • IP; ARP; RARP, ICMP; RIP; OSFP;
  • IGMP;
  • IPX
  • NWLink
  • NetBEUI
  • OSI
  • DDP
  • DECnet
4. Layer 4 – Transport
Network components:
  • Gateway
  • Advanced Cable Tester
  • Brouter
Protocols:
  • TCP, ARP, RARP;
  • SPX
  • NWLink
  • NetBIOS / NetBEUI
  • ATP
5. Layer 5 – Session
Network components:
  • Gateway
Protocols:
  • NetBIOS
  • Names Pipes
  • Mail Slots
  • RPC
  1. Layer 6 – Presentation
Network components:
  • Gateway
  • Redirector
Protocols:
  • None
  1. Layer 7 – Application
Network components:
  • Gateway
Protocols:
  • DNS; FTP
  • TFTP; BOOTP
  • SNMP; RLOGIN
  • SMTP; MIME;
  • NFS; FINGER
  • TELNET; NCP
  • APPC; AFP
  • SMB

Cara Menghilangkan Sifat Jelek / Sifat Buruk Pada Diri Sendiri


Hasil gambar untuk CARA MENGHILANGKAN SIFAT JELEK


Cara Menghilangkan Sifat Jelek / Sifat Buruk Pada Diri Sendiri 

Sifat-sifat yang buruk yang ada pada diri kita seharusnya memang dibuang jauh-jauh.  Sifat jelek membuat hubungan kita dengan orang lain menjadi tidak harmonis dan bisa menyebabkan diri kita menjadi pribadi yang tidak baik.  Sifat jelek bisa menyebabkan mental dan fisik kita menjadi tidak sehat.  Oleh karena itulah maka hendaknya kita harus melakukan berbagai upaya untuk bisa melepaskan diri kita dari berbagai sifat jelek yang selama ini mendarah daging pada diri kita.

Beberapa Contoh Sifat Jelek / Sifat Buruk yang Ada Pada Diri Seorang Manusia :

1. Malas
2. Suka Berbohong
3. Senang Membicarakan Keburukan Orang Lain
4. Jorok
5. Malas Belajar
6. Boros
7. Keras Kepala
8. Menyukai Sesama Jenis
9. Genit
10. Malas Beribadah
11. Penakut
12. Suka Iseng Pada Orang Lain
13. Mau Menang Sendiri
14. Ringan Tangan
15. Pemarah / Emosional
16. Senang Membual
17. Pelit / Kikir / Medit
18. Suka Curang
19. Provokator
20. Senang Melihat Orang Lain Susah / Menderita

Dari berbagai sifat buruk yang telah disebutkan di atas maka sebagian besar orang pasti sepakat mengatakan bahwa sifat-sifat yang ada di atas adalah sifat yang sifatnya negatif.  Orang-orang pun akan merasa terganggu jika berhubungan atau bersosialisasi dengan orang yang memiliki banyak sifat yang jelek.  Namun anehnya orang yang memiliki sifat yang buruk terkadang tidak sadar bahwa dirinya memiliki sifat jelek yang herus dihilangkan.  Jika sadar pun orang yang punya sifat jelek tidak jarang menolak dan menghindar jika diberi nasihat untuk mengatasi sifat buruknya.

Beberapa Cara Menghilangkan Sifat Buruk / Sifat Jelek Pada Diri Kita Sendiri :

1. Membayangkan Jadi Korban Diri Kita Sendiri

Cobalah suruh orang lain merekam video saat diri kita sedang kumat sifat buruknya.  Lalu amati baik-baik hasil rekaman gambar video tersebut.  Bayangkan jika kita menjadi orang yang terkena sifat buruk dari diri kita.  Tentulah kita baru bisa memahami dengan baik mengapa kita harus segera mengatasi dan menghilangkan sifat buruk yang kita punyai.

2. Membayangkan Dosa

Berbuat buruk secuil saja pasti kita akan mendapatkan balasannya dari Allah SWT.  Oleh karena itu sebaiknya kita mulai menghindari dosa sekecil apa pun mulai dari saat ini juga dengan belajar menjadi orang yang baik.  Sifat-sifat yang jelek diganti dengan sifat-sifat yang baik sehingga kita akan mendapatkan balasan yang baik pula dari Allah SWT.

3. Mencoba Menjadi Individu Baru

Jika kita malu berubah total dengan orang-orang yang telah mengenal kita, maka kita bisa mencoba menjadi orang yang benar-benar lain pada lingkungan orang-orang yang baru.  Misalnya kita pindah rumah, kontrakan atau kost-kostan ke daerah yang baru bagi kita di mana tidak ada orang yang mengenal kita.  Di sanalah kita bisa mencoba menjadi orang yang baik sepenuhnya tanpa merasa malu.  Begitu pula dengan lingkungan kerja, kita pun bisa pindah ke tempat kerja yang baru untuk mencoba berubah menjadi orang yang berbeda pada orang yang berbeda.  Jika kita sudah nyaman dengan pribadi yang baru dan sudah merasa siap, barulah kita bisa berubah menjadi orang yang berbeda baik kepada orang-orang yang baru kita kenal maupun orang-orang yang sudah kita kenal lama.

4. Berteman dengan Orang-Orang Sholeh

Berkawan dengan orang-orang soleh bisa membuat seseorang tertular menjadi sholeh.  Berbagai aktivitas hidup akan dilakukan dengan berlandaskan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.  Ingin berbuat yang tidak-tidak pun jadi sungkan untuk dilakukan sehingga lama-lama sifat-sifat yang buruk akan hilang tenggelam ditelan waktu.  Jika memaksa untuk melakukan perbuatan yang tidak baik pun akan mendapatkan tanggapan yang dingin atau bahkan perlawanan sampai pengusiran jika sudah sangat keterlaluan.

5. Berteman dengan Orang-Orang yang Tidak Baik

Dengan berteman dengan orang-orang yang sama-sama mempunyai sifat jelek maka kita bisa bercermin bahwa sifat-sifat yang selama ini kita miliki ternyata adalah sifat yang sangat tidak baik.  Jika sudah menyadari dan menganggap jijik sifat-sifat yang buruk pada diri sendiri, maka kita pun akan berusaha mengubah diri dan mencari teman-teman baru yang lebih baik.

---

Masih ada banyak cara lain yang bisa kita terapkan untuk mengatasi sifat buruk / sifat jelek yang ada pada diri kita sendiri.  Tinggal kita sendiri yang menentukan apakah diri kita mau berubah atau tidak.  Sulit untuk mengubah sifat seseorang jika orang tersebut tidak ingin mengubah sifatnya sendiri.  Perubahan sifat pun juga harus disikapi dan ditanggapi dengan baik oleh orang-orang yang ada di sekitarnya agar tidak merasa minder dan malu atas perubahan positif yang ada pada diri seseorang.  Semoga sukses berubah menjadi orang baik, kurang lebih mohon maaf, terima kasih.

Tujuh Langkah Mengatasi Ego Kita

Tujuh Langkah Mengatasi Ego Kita

Hasil gambar untuk CARA MENGURANGI EGO

Berikut ini adalah tujuh saran untuk membantu kita mengatasi ide tertanam tentang diri penting/ego. Ke semua ini dirancang untuk membantu mencegah kita dari salah mengidentifikasi dengan ego/diri penting ini.
1. Berhenti menjadi tersinggung.
Perilaku orang lain bukanlah alasan kita untuk bereaksi. Tersinggung hanya akan melemahkan kita. Jika Anda sedang mencari kesempatan untuk tersinggung, maka Anda akan bisa menemukan hal tersebut di setiap tikungan. Ini adalah ego Anda yang sedang bekerja untuk meyakinkan Anda bahwa dunia tidak bisa berlangsung dengan cara itu. Tapi Anda sesungguhnya bisa menjadi pemberi penghargaan terhadap kehidupan dan sesuai dengan tujuan Roh Penciptaan universal. Anda tidak dapat mencapai kekuatan niat dengan menjadi tersinggung. Disini artinya, kita tetap berusaha bertindak untuk membasmi kengerian di dunia, yang berasal dari identifikasi terhadap ego yang besar, tapi tetap berada dalam kedamaian. Seperti  A Course in Miracles mengingatkan kita: Kedamaian adalah didalam Tuhan, Anda yang merupakan bagian dari Tuhan tidak berada di rumah kecuali dalam damai-Nya. Menjadi tersinggung menciptakan energi destruktif yang sama yang bisa menyebabkan kekerasan, balas dendam dan perang.
2. Lepaskan keinginan Anda untuk menang.
Ego suka membagi kita menjadi pemenang dan pecundang. Mengejar kemenangan adalah cara jitu untuk menghindari kontak sadar dengan niat. Mengapa? Karena pada akhirnya, kemenangan adalah mustahil di sepanjang waktu. Seseorang di luar sana akan lebih cepat, lebih beruntung, lebih muda, lebih kuat, dan lebih cerdas-dan kemudian Anda kembali akan merasa tidak berharga dan tidak penting.
Anda bukanlah kemenangan atau keunggulan Anda. Anda mungkin menikmati bersaing, dan bersenang-senang di dunia di mana menang adalah segalanya, tetapi Anda tidak harus menempatkan itu di pikiran Anda. Tidak ada pecundang di dalam dunia di mana kita semua berbagi sumber energi yang sama. Yang dapat Anda katakan pada hari tersebut adalah bahwa Anda tampil pada tingkat lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain pada hari itu. Tapi hari ini adalah hari yang lain, dengan kompetitor yang lain dan keadaan baru untuk dipertimbangkan. Anda masih makhluk tak terbatas di dalam tubuh yang di hari lain(atau dekade lain) menjadi lebih tua dan lebih lemah. Lepaskan keinginan menang dengan tidak menganggap bahwa lawan kata menang adalah kekalahan. Itu adalah ketakutan ego. Jika tubuh Anda tidak tampil baik untuk menang pada hari ini, itu tidak penting ketika Anda tidak mengidentifikasi secara eksklusif dengan ego Anda. Jadilah pengamat, melihat dan menikmati semua itu tanpa perlu untuk memenangkan piala. Jadilah damai, dan sesuaikan dengan energi niat. Dan ironisnya, meskipun Anda tidak akan melihat seperti itu, lebih banyak kemenangan akan muncul dalam hidup Anda ketika Anda tidak mengejar hal tersebut.
3. Lepaskan kebutuhan Anda untuk menjadi benar.
Ego adalah sumber dari banyak konflik dan pertikaian karena mendorong Anda ke arah yang membuat orang lain menjadi salah. Ketika Anda bermusuhan dengan orang lain, Anda telah terputus dari kekuatan niat. Roh yang kreatif adalah mencintai, dan reseptif, dan bebas dari kemarahan, kebencian, atau kepahitan. Melepaskan kebutuhan Anda untuk menjadi benar dalam diskusi dan hubungan adalah seperti berkata kepada ego, aku bukan budak Anda. Aku ingin memeluk kebaikan, dan aku menolak kebutuhan Anda untuk menjadi benar. Bahkan, aku akan menawarkan orang ini kesempatan untuk merasa lebih baik dengan mengatakan bahwa dia benar, dan berterima kasih untuk menunjukkan saya ke arah kebenaran.
Ketika Anda melepaskan kebutuhan untuk menjadi benar, Anda dapat memperkuat koneksi Anda ke kekuatan niat. Namun perlu diingat bahwa ego adalah pejuang yang sulit dikendalikan. Saya telah melihat orang mengakhiri hubungan yang indah dengan orang lain karena tetap berpegang pada kebutuhan mereka untuk menjadi paling benar. Saya mendorong Anda untuk melepaskan dorongan ego untuk menjadi benar ini dengan menghentikan diri di tengah-tengah argumen dan bertanya pada diri sendiri, Apakah saya ingin menjadi benar atau bahagia? Bila Anda memilih untuk bahagia, mencintai, dalam suasana spiritual, koneksi Anda dengan niat harus diperkuat. Saat-saat tersebut akhirnya akan memperluas koneksi baru Anda pada kekuatan niat. Sumber kebijaksanaan universal akan mulai berkolaborasi dengan Anda dalam menciptakan hidup yang dimaksudkan untuk dijalani.

4. Lepaskan keinginan Anda untuk menjadi lebih unggul.
Kebanggaan sejati bukanlah tentang menjadi lebih baik dari orang lain. Ini adalah tentang menjadi lebih baik dari Anda sebelumnya. Tetap fokus pada pertumbuhan Anda, dengan kesadaran konstan bahwa tidak ada di planet ini yang lebih baik dari orang lain. Kita semua berasal dari kekuatan hidup kreatif yang sama. Kita semua memiliki misi untuk mewujudkan esensi kita, semua yang kita butuhkan untuk memenuhi takdir yang tersedia bagi kita. Semua ini tidak mungkin terjadi ketika Anda melihat diri Anda seolah superior dari orang lain. Ini adalah pepatah lama, tapi tetap benar: kita semua sama di mata Tuhan. Lepaskan keinginan Anda untuk merasa superior dengan melihat Tuhan dalam setiap orang. Jangan menilai orang lain berdasarkan penampilan , prestasi, harta, dan indeks lain mereka dari ego. Ketika Anda memproyeksikan perasaan superioritas itulah yang membuat Anda mundur kembali, yang mengarah kepada kebencian dan akhirnya perasaan bermusuhan. Perasaan ini menjadi alat yang membawa Anda jauh dari niat. Tulisan dalam A Course in Miracles telah membahas keinginan menjadi khusus dan unggul ini : Ego selalu membuat perbandingan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya melihat Tuhan pada orang lain, dan mempertahankan dengan terus mencari, dan menjaganya tetap jelas terlihat dari semua kekurangan yang dapat terlihat.
5. Lepaskan keinginan Anda untuk memiliki lebih.
Ego tidak pernah terpuaskan. Tidak peduli seberapa banyak Anda telah capai atau peroleh, ego Anda akan bersikeras bahwa itu belum cukup. Anda akan menemukan diri Anda dalam keadaan terus-menerus berjuang, dan menghilangkan kemungkinan sampai pada tujuan. Namun pada kenyataannya Anda sebenarnya sudah tiba, dan bagaimana Anda memilih untuk menggunakan hidup Anda saat ini adalah pilihan Anda. Ironisnya, ketika Anda berhenti menginginkan lebih banyak, apa yang Anda inginkan tampaknya malah hadir lebih banyak lagi dalam hidup Anda. Karena Anda tidak melekat terhadap keinginan itu, Anda akan menemukan lebih mudah untuk mendapatkannya daripada orang lain, karena anda telah menyadari betapa sedikit Anda butuhkan untuk menjadi puas dan damai.
Sumber universal mengembangkan dirinya sendiri, terus berkembang dan menciptakan kehidupan baru setiap saat, tidak pernah mencoba untuk berpegang pada satu kreasi atas dasar ego itu sendiri. Ia menciptakan dan melepaskan. Ketika Anda melepaskan kebutuhan dari ego untuk memiliki lebih, Anda menyatu dengan Sumber itu. Anda menciptakan, menarik pada diri sendiri, dan melepaskan pergi, tidak pernah menuntut untuk datang lebih pada diri Anda. Sebagai pemberi penghargaan dari semua yang muncul, Anda belajar dari pesan St.Francis dari Assisi yang mengajarkan: “. … Adalah dengan memberi kita akan menerima” Dengan membiarkan kelimpahan mengalir ke dan melalui Anda, Anda selaras dengan Sumber Anda dan mendapatkan jaminan bahwa energi ini akan terus mengalir.
6.Lepaskan mengidentifikasi diri berdasarkan prestasi Anda.
Ini mungkin konsep yang sulit jika Anda berpikir bahwa Anda adalah prestasi Anda. Tuhanlah yang menulis semua musik, Tuhan yang menyanyikan semua lagu, Tuhan yang membangun semua bangunan, Tuhan adalah sumber dari semua prestasi Anda. Saya bisa mendengar protes keras ego Anda. Namun demikian, renungkan ide ini. Semua ini berasal dari Sumber! Anda dan Sumber adalah satu! Anda bukan tubuh dan pencapaian Anda. Anda adalah pengamat. Perhatikan itu semua, dan bersyukur atas kemampuan yang Anda telah miliki. Tapi berikan semua kredit ini pada kekuatan niat, yang membawa Anda ke dalam keberadaan dan Anda sebagai bagian yang ikut mewujudkannya. Semakin sedikit Anda mengidentifikasikan dengan prestasi Anda dan semakin Anda lebih terhubung dengan niat, semakin Anda terbebas untuk mencapai, maka hal itu akan muncul pada diri Anda. Bila Anda melekat pada prestasi dan percaya bahwa Anda sendirilah yang melakukan semua hal-hal tersebut, maka Anda tidak akan merasakan damai dan rasa terima kasih dari Sumber Anda.
7. Lepaskan reputasi Anda.
Reputasi Anda tidak terletak di dalam diri Anda. Ini berada dalam pikiran orang lain. Oleh karena itu, Anda tidak memiliki kontrol atas hal itu sama sekali. Jika Anda berbicara dengan 30 orang, Anda akan memiliki 30 reputasi. Menghubungkan diri ke niat berarti mendengarkan hati Anda dan melakukan sendiri berdasarkan apa yang suara hati katakan pada Anda yang merupakan tujuan Anda di sini. Jika Anda terlalu peduli dengan bagaimana orang lain memandang diri Anda, maka Anda akan terputus dari niat dan membiarkan pendapat orang lain untuk mengendalikan Anda. Ini adalah ego Anda yang sedang bekerja. Ini adalah ilusi yang berdiri diantara Anda dan kekuatan niat. Jika Anda memutuskan hubungan dari sumber dan menjadi yakin bahwa tujuan Anda adalah untuk membuktikan kepada orang lain bagaimana menjadi lebih ahli dan unggul, Anda akan menghabiskan energi Anda ketika mencoba untuk memenangkan reputasi lebih besar lagi diantara ego lainnya. Lakukan apa yang Anda lakukan karena suara hati Anda selalu terhubung dan berterima kasih kepada  Sumber-Anda yang mengarahkan Anda. Tetap pada tujuan, lepaskan diri dari hasil, dan ambil tanggung jawab untuk apa yang ada di dalam diri Anda : karakter Anda. Biarkan reputasi Anda orang lain yang menilai, itu tidak ada hubungannya dengan Anda. Atau seperti sebuah judul buku mengatakan: Apa yang Anda Pikirkan bukanlah urusan saya!

 

7 Sunnah Harian Rasulullah SAW yang Besar Manfaatnya...

7 Sunnah Harian Rasulullah SAW yang Besar Manfaatnya... 

Hasil gambar untuk SUNNAH NABI

Nah, apa saja sunnah harian Rasulullah itu?
Pertama: Shalat tahajjud, Semua rasul, Nabi, kekasih Allah (auliya”) dan para ulama salaf tidak meninggalkan shalat tahajud. Ini merupakan ciri orang saleh dan ikhlas. Dalam rangkai sahabat Ali Bin Thalib menyatakan bahwa, salah satu dari obatnya hati adalah shalat malam dan tahajud. Dan Allah S.W.T berfirman : “Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah mudahan Tuhan Mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji,” ( Al-Israa’:79).
Kedua: Membaca Al-Quran dengan Terjemahannya, Al-Quran merupakan petunjuk dan sumber mata kehidupan. Al Qur’an merupakan pedoman muslim untuk hidup dan menjalani kehidupan. Maka membaca atau tadarus Al-Quran itu penting sekali, kita tidak hanya disuruh membaca, tetapi juga memahami dan menghayati artinya serta dilanjutkan dengan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya.
Ketiga: Memakmurkan masjid/shalat subuh di mesjid. Masjid adalah rumah nya Allah. Mesjid adalah sebuah tempat suci bagi orang-orang yang senantiasa mensucikan dirinya secara lahir maupun batin. Masjid merupakan tempat untuk menggembleng pengalaman-pengalaman ruhani/spiritual, mengokokohkan iman dan tauhid. Masjid juga sebagai tempat tinggal landas bagi mi’rajnya orang-orang beriman. Dalam artian ini, masjid sebagai tempat menginternalisasikan nilai-nilai Ilahiyah ke dalam dirinya sebagai modal utama dalam kehidupan, baik secara individu, dalam lingkup rumah tangga, masyarkat dan bangsa bahkan dalam lingkup dunia global.
Keempat: Shalat Dhuha. Salah satu rahasia Shalat dhuha adalah karena Shalat Dhuha adalah sedekah.Shalat dhuha adalah ibadah sunnah yang senantiasa dilakukan Rasullah Saw.
Setiap amal ibadah yang diperintahkan ataupun dianjurkan Allah dan Rasul- Nya pasti ada rahasia yang tersembunyi di dalamnya. Memang kadang kemampuan akal kita tak dapat menjangkau/memahaminya. Tapi yang pasti semuanya itu adalah demi kemasalahatan dan kemanfaatan kita, manusia. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah shadaqah,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Orang-orang salafush-shaleh pernah bilang “Jika kalian menginginkan kebahagiaan di dunia dan akhirat kelak, maka lakukan shalat dhuha.”

Kelima: Bersedekah. Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari. Seorang sudah bisa disebut mukmin yang sebenarnya, jika sudah bersedekah. Carilah rizki dengan sedekah. Demikian juga bertaubatlah dengan bersedekah, jika kita sakit juga hendaknya bersedekah. Banyak sekali ayat Al-Quran yang menegaskan dan memerintahkan akan hal ini. bersedekah merupakan tolok ukur dan ciri dari orang-orang yang beriman, shaleh dan bertakwa.
Keenam: Menjaga wudhu terus menerus karena Allah menyayangi hamba yang berwudhu. Nabi saw, senantiasa dalam keadaan wudhu, baik dalam waktu dan keadaan apapun.  Jangan tinggalkan wudhu. Kalau batal, berwudhulah kembali. Hal itu merupakan kebutuhan kita sendiri dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kalau kita selalu berwudhu insya Allah akan selamat dari ikatan dan kegenitan dunia dan terjaga dari hal-hal yang kotor (kotoran yang bersifat maupun ruhani). Selanjutnya kita terjaga dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan dari perbuatan-perbuatan dosa dan tercela. Karena wudhu merupakan proses pembersihan badan kita secara silmutan dilanjutkan dalam rangka untuk pembersihan fitrah dan hati atau rohani kita.
Kata khalifah Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu solat walau ia sedang tidak shalat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, ampuni dosa dan sayangi dia, ya Allah.”

Ketujuh: Amalkan istighfar setiap saat. Dengan istighfar masalah yang terjadi kerana dosa kita akan dijauhkan oleh Allah. istighfar setiap saat dan dalam segala aktivitas apapun diperintahkan beristiqfar. Ketika kita mau tidur, mau makan dalam melakukan suatu pekerjaan, di jalan, di mobil dan di manapun hendaknya selalu dalam keadaan beristiqfar. Orang yang kuat istiqfarnya, maka insting dan kecenderungan rahmatnya (berguna dan bisa membahagiakan orang lain atau bahkan makhluk lain) sangat kuat sekali. Ia pun juga menjadi penuh dengan keutamaan-utamaan, doanya mustajab dan firasatnya tajam (mampu berpikir positif dan menerawang ke depan/berpikir visioner).
Bila kita mampu menjaga dan melakukan tujuh sunnah Rasullullah SAW” ini, maka Insya Allah akan muncul sifat-sifat terpuji. Bicaranya dakwah, diamnya zikir, nafasnya tasbih, matanya memancar cahaya rahmat..

LAGU-LAGU DAERAH LAMPUNG

LAGU DAERAH LAMPUNG

 Hasil gambar untuk DAERAH LAMPUNG

1. Lirik Lagu Daerah Cangget Agung


Cipt. Syaiful Anwar

Sesat agung sai wawai
Talo butabuh takhi cangget
Gawi adat tanno tegow
cakak pepadun

Adat budayo Lampung
Nayah temon ragom wawai no
Jepana, gerudo no
rata sebatin

Cangget agung 2x
Muli batangan
Dilom kutomaro 2x
Mejeng busanding

Gawi adat lampung 2x
Jak zaman tohow
Lapah kham jamo-jamo
Ngelestariko adat lampung

2. Lirik Lagu Daerah - Lipang Lipandang


Pang lipang dang pang lipang dang ki lidang
Pang lipang dang sakik lipang jak kundang
Yu yu payu yu payu kuterima
Yu yu payu kaya dia

Api penggali lawas pakai tembilang besi
Meranai awas awas meranai awas awas
Nayah muli membudi

Kipas pas kipas pulas
Kipas bulung tembaku
Seratus limabelas seratus lima belas
Nyak haga jama niku

Mun niku kawai handak nyak munih kawai handak
Mun niku haga di nyak, nyak munih haga diniku 2x

Pang lipang dang pang lipang dang ki lidang
Pang lipang dang sakik lipang jak kundang
Yu yu payu yu payu kuterima
Yu yu payu kaya dia

3. Lirik Lagu Daerah -  Tanoh Lado



Jak Ranau Tigoh Di Teladas
Jak Palas Munggah Mit Bengkunat
Gunung Rimba Tiuh Pumatang
Pulau-Pulau Di Laok Lepas

Reff
Bumiku Tanoh Lampung Kulawi
Panjak Wah-Wah Di Nusantara
Tani Tukun Sangun Jak Jebi
Tanoh Lampung Tanoh Lado

Meregai Buai Rik Bahasa
Nayah Sina Tanda Ram Kaya
Adat Rik Budaya
Suratni Kaganga
Jadi Warisan Jama-Jama

Tabikpun Jama Sai Tuha Raja
Penyimbang Sebatin Semerga
Salah Rik Cempala Tian Sai Ngura-Ngura
Kilu Tawai Sikam Kiluyang

Bumiku Tanoh Lampung Kulawi
Panjak Wah-Wah Di Nusantara
Tani Tukun Sangun Jak Jebi
Tanoh Lampung Tanoh Lado

4. Lirik Lagu Daerah - Sang Bumi Ghuwai Jughai


Jak ujung Danau Ghanau
Teliyu mit Wai Kanan
Sampai pantai Lawok Jawo
Pesisigh ghik pepadun
Jadi sai dilom lambang
Lampung sai kayo ghayo
Lampung sai,
Sang bumi ghua jughai 2x
Ki gham haga bughasa
Hujauni pemandangan
Huma lada di pematang
Apilagi cengkehni
Telambun beghuntaian
Tandani kemakmughan
Lampung sai,
Sang bumi ghua jughai 2x
Canggot pagha penglaku
Sembah jama sebatin
Sina gawi adat sikam
Manjau ghik sebambangan
Taghi ghakot ghik Melinting
Cihgini ulun Lampung




5. Lirik Lagu Daerah - Bumi Lampung


Sangun kak jak zaman ho
Lampung ghadu dikenal
Hasilno kupi lado
Jadi idaman kaum modal
Wawai pemandangannyo
Jak pinggegh Teluk Lampung
Pek ulun besoko-soko
Lamun gham di nggak gunung

Sang Bumi Ghuwa Jughai
Eno lambang sai agung
Lapah gham jamo-jamo
Guwai ngebangun bumi Lampung

Sang Bumi Ghuwa Jughai
Eno lambang sai agung
Lapah gham jamo-jamo
Guwai ngebangun bumi Lampung

8 Lirik Lagu Daerah - Muloh Tungga


Teppik pengkalan mandi
Tinggaldo indai kanca
Halokwi antak sinji
Negham bandung pujama
Induh kapan masani
Gham dapok muloh tungga
Kintu wat salah dighi
Mahaf keti sai dija

Reff.
Mangkung tantu kapan masani
Gham dapok muloh tungga
Sangun sedih, kik tipubiti
Pulipang jak pujama 2x
Luhotku dipuaghi
Sunyinni sai wat dija
Kintu telibak dudi
Singgah di gham dang lupa

9. Lirik Lagu Daerah - Penyandangan


Mak ngedok sai umpama
Biti sakikni badan
Tanjogh tughun dunia
Ghejiwi penyandangan
Layin ulih besuya
Pembagian jak Tuhan
Kidangwi payu ghiya
Sakikni penyandangan

Reff.
Lah lawi api daya
Biduk lebon kayuhan
Lah lawi api daya
Biduk lebon kayuhan
Asing iluk ghik cagha 2x
Supaya nyampai tujuan
Kidangwi payu ghiya
Nyak nunggu kemughahan
Sabagh daleh bedua
Kekalau kedolohan

10 Lirik Lagu Daerah - Anak Tupai


Ado sekor anok tupai atah julai mokte
kudung ekor perut lapar jalan cari makan

Kejadian tuhan dipanggil nama tupai
asalnya dale hutan sejenis mamalia

Kalu pasal jakit kok dehe dialah yg paling pandai
jatuh jare jare kerana dia tak sobar

Pandai pandai tupai melompat jatuh tanah jugok
tak wi gambar ore jahat jale telajok mangok

Ore jame ritu pakat hambat tupai
bimbe ko woh kayu takuk tokdan besar

Nyor derian duku kalu dan nye kerit tupai
pendek tahun tu nyor derian takdan nak jual

Ore sekepung tupai sekor berambat hari hari
nya pakat likung nya pakat pekong tupai takleh lagi

Sakat bedil ado tupai habih mati
hok ni lah saya raso kita sangat rugi

Kita manusio tinggi mana pun kita ngaji
nak wat tupai sekor tentu sekali nya tak jadi

Loni kapung atau bandar jare buleh tgk
bapok tupai ibu tupai jale bawak anok

Rasa kesian sungguh tgk sekor ke anok tupai
kerana telajok kuruh sapa tokleh nak niti pagar

Bulu bulu pun habih luruh air mato bederai derai
mari dale baruh bekali kena racun tebaka

Ado sekor anok tupai atah julai mokte
kudung ekor perut lapar jalan cari makan

TRIGONOMETRI

Trigonometri
Gambar terkait 
 
 (dari bahasa Yunani trigonon = tiga sudut dan metro = mengukur) adalah sebuah cabang matematika yang berhadapan dengan sudut segitiga dan fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus, dan tangen. Trigonometri memiliki hubungan dengan geometri, meskipun ada ketidaksetujuan tentang apa hubungannya; bagi beberapa orang, trigonometri adalah bagian dari geometri.

Sejarah awal

Awal trigonometri dapat dilacak hingga zaman Mesir Kuno dan Babilonia dan peradaban Lembah Indus, lebih dari 3000 tahun yang lalu. Matematikawan India adalah perintis penghitungan variabel aljabar yang digunakan untuk menghitung astronomi dan juga trigonometri. Lagadha adalah matematikawan yang dikenal sampai sekarang yang menggunakan geometri dan trigonometri untuk penghitungan astronomi dalam bukunya Vedanga, Jyotisha, yang sebagian besar hasil kerjanya hancur oleh penjajah India.
Matematikawan Yunani Hipparchus sekitar 150 SM menyusun tabel trigonometri untuk menyelesaikan segitiga.
Matematikawan Yunani lainnya, Ptolemy sekitar tahun 100 mengembangkan penghitungan trigonometri lebih lanjut.
Matematikawan Silesia Bartholemaeus Pitiskus menerbitkan sebuah karya yang berpengaruh tentang trigonometri pada 1595 dan memperkenalkan kata ini ke dalam bahasa Inggris dan Perancis.

Konsep

Dasar dari Trigonometri adalah Konsep kesebangunan segitiga siku-siku. Sisi-sisi yang bersesuaian pada dua bangun datar yang sebangun memiliki perbandingan yang sama. Pada geometri Euclid, jika masing-masing sudut pada dua segitiga memiliki besar yang sama, maka kedua segitiga itu pasti sebangun.[1] Hal ini adalah dasar untuk perbandingan trigonometri sudut lancip. Konsep ini lalu dikembangkan lagi untuk sudut-sudut non lancip (lebih dari 90 derajat dan kurang dari nol derajat).

Kegunaan

Ada banyak aplikasi trigonometri. Terutama adalah teknik triangulasi yang digunakan dalam astronomi untuk menghitung jarak ke bintang-bintang terdekat, dalam geografi untuk menghitung antara titik tertentu, dan dalam sistem navigasi satelit.
Bidang lainnya yang menggunakan trigonometri termasuk astronomi (dan termasuk navigasi, di laut, udara, dan angkasa), teori musik, akustik, optik, analisis pasar finansial, elektronik, teori probabilitas, statistika, biologi, pencitraan medis/medical imaging (CAT scan dan ultrasound), farmasi, kimia, teori angka (dan termasuk kriptologi), seismologi, meteorologi, oseanografi, berbagai cabang dalam ilmu fisika, survei darat dan geodesi, arsitektur, fonetika, ekonomi, teknik listrik, teknik mekanik, teknik sipil, grafik komputer, kartografi, kristalografi.
Ada pengembangan modern trigonometri yang melibatkan "penyebaran" dan "quadrance", bukan sudut dan panjang. Pendekatan baru ini disebut trigonometri rasional dan merupakan hasil kerja dari Dr. Norman Wildberger dari Universitas New South Wales. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs webnya [1].

Hubungan fungsi trigonometri

TrigonometryTriangle.svg
 Fungsi dasar:
sin A = \frac{a}{c}
cos A = \frac{b}{c}
tan A = \frac{sin A}{cos A} = \frac{a}{b}
cot A = \frac{1}{tan A} = \frac{cos A}{sin A} = \frac{b}{a}
sec A = \frac{1}{cos A} = \frac{c}{b}
csc A = \frac{1}{sin A} = \frac{c}{a}

Identitas trigonometri

sin^2 A + cos^2 A = 1
1 + tan^2 A = \frac{1}{cos^2 A} = sec^2 A
1 + cot^2 A = \frac{1}{sin^2 A} = csc^2 A

Rumus jumlah dan selisih sudut

sin (A + B) = sin A cos B + cos A sin B
sin (A - B) = sin A cos B - cos A sin B
cos (A + B) = cos A cos B - sin A sin B
cos (A - B) = cos A cos B + sin A sin B
tan (A + B) = \frac{tan A + tan B}{1 - tan A tan B}

Rumus perkalian trigonometri

2 sin A cos B = sin (A + B) + sin (A - B)
2 cos A sin B = sin (A + B) - sin (A - B)
2 cos A cos B = cos (A + B) + cos (A - B)
2 sin A sin B = - cos (A + B) + cos (A - B)

Rumus jumlah dan selisih trigonometri

sin A + sin B = 2 sin \frac{1}{2} (A + B) cos \frac{1}{2} (A - B)
sin A - sin B = 2 cos \frac{1}{2} (A + B) sin \frac{1}{2} (A - B)
cos A + cos B = 2 cos \frac{1}{2} (A + B) cos \frac{1}{2} (A - B)
cos A -  cos B = - 2 sin \frac{1}{2} (A + B) sin \frac{1}{2} (A - B)

Rumus sudut rangkap dua

sin 2A = 2 sin A cos A
cos 2A = cos^2 A - sin^2 A   
            = 1 - 2 sin^2 A 
            = 2 cos^2 A - 1
tan 2A = \frac{2 tan A}{1 - tan^2 A} = \frac{2 cot A}{cot^2 A - 1} = \frac{2}{cot A - tan A}

Rumus sudut rangkap tiga

sin 3A = 3 sin A - 4 sin^3 A
cos 3A = 4 cos^3 A - 3 cos A

Rumus setengah sudut

sin \frac{A}{2} = \pm \sqrt{\frac{1-cos A}{2}}
cos \frac{A}{2} = \pm \sqrt{\frac{1+cos A}{2}}
tan (A - B) = \frac{tan A - tan B}{1 + tan A tan B}


pengertian pantun

Pantun Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Lihat informasi mengenai pantun di Wiktionary . P...