Senin, 01 Mei 2017

pengertian SMADAV

pengertian SMADAV

Posted by : jodi pratama putra Kamis, 26 Januari 2017

Smadav

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Smadav
Smadav-Vector.png
PengembangZainuddin Nafarin
Rilis perdana2006
Rilis stabil2017 Rev. 11.1 (15 Januari 2017; 7 hari lalu)
Sistem operasiWindows (minimal Windows 2000)
JenisAntivirus
LisensiPerangkat lunak gratis danberbayar
Situs web resmiwww.smadav.net
Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia. Antivirus ini memiliki versi gratis dan berbayar setelah sebelumnya sempat berupa perangkat lunak derma.
Nama Smada diambil dari singkatan nama sekolah pembuatnya, yaitu SMA Negeri 2 Palangka RayaKalimantan Tengah, sedangkan AV merupakan singkatan dari antivirus.[butuh rujukan]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Smadav dibuat oleh Zainuddin Nafarin pada tahun 2006 saat masih berstatus sebagai siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, berkat perkenalannya dengan Visual Basic di laboratorium komputer sekolahnya. Pengembangan Smadav sempat tertunda hingga tahun 2008 saat ia mulai kuliah di Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta. Dalam perkembangannya, Smadav dikembangkan bersama-sama dengan para sukarelawan secara daring.
Logo Smadav merupakan simbol objek mustahil berwarna hijau yang melambangkan kesederhanaan dan kedamaian.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Fitur yang ditawarkan oleh antivirus ini antara lain Smad-Lock dan SmaRTP. Smad-Lock merupakan folder yang berfungsi untuk mengamankan file dalam alat penyimpanan datadari serangan virus, sedangkan SmaRTP berfungsi untuk mencegah eksekusi file virus dari alat penyimpanan data.

Proses[sunting | sunting sumber]

Pada saat mulai dijalankan, Smadav mengecek komputer pengguna di balik layar. Jika ada virus yang ditemukan, maka akan langsung dimatikan dulu sebelum antarmukaSmadav ditampilkan.

Unggah virus[sunting | sunting sumber]

Pada menu "Protect", terdapat fitur Upload Virus yang berfungsi untuk mengunggah virus ke laboratorium Smadav. Pasca-pengujian, virus tersebut akan ditambahkan pada Smadav revisi berikutnya.

Pembersihan berkas[sunting | sunting sumber]

Jika Smadav gagal melakukan pembersihan berkas, berkas tersebut akan dikarantina. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan kegagalan pembersihan berkas adalah bergabungnya tubuh virus dengan berkas dokumen atau disembunyikan di tempat yang tak terjangkau.

Forum[sunting | sunting sumber]

Forum Smadav dibuat pada tanggal 23 Maret 2009 dengan tujuan untuk menyediakan layanan pengguna dan tanya jawab. Forum ini juga dapat dimanfaatkan pengguna untuk melaporkan kekutu (bug) serta memberikan saran atau kritik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengertian pantun

Pantun Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Lihat informasi mengenai pantun di Wiktionary . P...